Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan

Ginseng
Ginseng
Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan --- Ginseng Mengandung Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, seperti mengobati asma dan gangguan pernapasan, ginseng juga bagus untuk merawat diabetes serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sejak zaman dahulu ginseng adalah salah satu tanaman yang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Yang sering kita dengar bahwa ginseng waktu jaman dulu hanya bisa di dapat di negara Cina itu pun tidak gampang. Seiring kemajuan zaman dan teknologi tumbuhan ini telah menyebar dan dengan mudah ditemukan dimana saja.

Apa saja manfaat ginseng bagi kesehatan, tentunya tumbuhan yang dulunya merupakan tumbuhan obat yang cukup langkah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat ginseng bagi kesehatan diantaranya :

1. Mengobati diare.
2. Meningkatkan nafsu makan.
3. Membantu proses pencernaan.
4. Obat asma.
5. Mengobati gangguan pernafasan.
6. Obat diabetes.
7. Mengobati rematik.
8. Menyembuhkan bisul.
9. Dapat meminimalkan risiko terkena kanker.
10. Meningkatkan stamina.
11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
12. Mengurangi kadar kolestrol jahat.
13. Melancarkan peredaran darah.
14. Mengurangi terkena anemia.

Jika Anda telah mengetahui beberapa manfaat ginseng bagi kesehatan tentu tidak bijak jika Anda tidak mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada ginseng, kandungan bioaktif yang cukup banyak tentu memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut kandungan bioaktif pada ginseng :

1. Saponins.
2. Phytosterols.
3. Peptides.
4. Polysaccharides.
5. Asam lemak.
6. Polyacetylenes.
7. Vitamin.
8. Mineral.

Kelebihan dan Manfaat Ginseng Merah Bagi Kesehatan
Ginseng merah yang berasal dari Korea, di sejumlah negara Asia selama ini dianggap sebagai afrodisiak, tampaknya juga efektif untuk menanggulangi gangguan ereksi.

Beberapa Jenis Ginseng :

Ginseng paling mahal dan tinggi kualitasnya adalah ginseng liar. Kebanyakan ginseng yang beredar di pasar adalah hasil budidaya, seperti, Panax ginseng (ginseng China/Korea/Oriental). Adapun ginseng paling populer di pasaran seperti Panax quinquefolius (Ginseng Amerika) jenis ini dibudidayakan di Amerika untuk ekspor ke China,walaupun khasiatnya masih di bawah ginseng China. Panax notoginseng (Pseudoginseng/ginseng san qi) banyak digunakan sebagai pereda sakit dan pendarahan. Adapun ginseng Eleutherococcus senticosus (ginseng Siberia) khasiatnya menandingi ginseng China.

Efek Samping Ginseng

Selain memiliki manfaat yang besar ginseng juga tentu memiliki efek samping, banyak orang berfikir bahwa obat herbal hanyalah obat tambahan atau obat alternatif yang lebih aman digunakan karena berasal dari bahan-bahan alami. Sayangnya, jarang sekali orang yang menyadari bahwa obat herbal yang alami tidak sepenuhnya aman untuk dikonsumsi. Beberapa obat herbal mengandung senyawa aktif yang memiliki efek sekuat obat-obatan resep dan juga memiliki efek samping yang berbahaya.

Salah satu obat herbal yang patut diwaspadai adalah ginseng. Konsumsi ginseng berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang buruk terhadap ginjal. Selain itu, jika obat herbal dari ginseng diminum bersamaan dengan obat-obatan resep, maka dapat menyebabkan efek samping lain berupa insomnia, sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan kelainan jantung. Sehingga itu sebaiknya Anda membatasi penggunaan ginseng tidak melebihi tiga bulan untuk menghindari efek-efek samping yang tidak diinginkan.

Kami memperingati khusus bagi ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ginseng karena dapat menimbulkan terjadinya kontraindikasi. Begitu juga bagi penderita hipertensi dan mereka yang denyut jantung tidak beraturan, penderita radang akut (TBC, bronkitis). Jika sedang mengkonsumsi obat-obat anti depresi, komsumsi bersama teh, kopi dan minuman cola.



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

1 comments:

  1. Admin Numpang Share yah :-) ngak papakan ??? :-)

    Info Lowongan Kerja Online

    Gaji 80 - 150 / Job
    (Di Gaji Sesuai Job yang di kerjakan)
    Lamar pekerjaan ini segera karena Kuota Terbatas.

    Untuk Melamar Pekerjaan Ini Kunjungi : http://lowongan-kerja-ol.blogspot.com/

    ReplyDelete

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA APA YANG KAMI SAJIKAN DAPAT MEMBERI MANFAAT!!!