Kandungan dan Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan
Buah Pisang
Kandungan dan Manfaat Pisang Bagi Kesehatan  --- Buah pisang selain rasanya yang enak saat dikomsumsi, ternyata memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan khusunya bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja kandungan yang dimiliki pisang sehingga buah ini memiliki manfaat yang luar bisa bagi kesehatan kulit. Berikut ini beberapa kandungan dan nilai gizi yang terdapat pada pisang.

Kita awali kandungan yang pertama. Pisang memiliki ukuran dan jenis cukup banyak, sehingga kami menjatuhkan pilihan pada buah pisang yang berukuran sedang. Pada satu biji pisang sedang terdapat kandungan kalium sekitar 467 mg (potasium), sedangkan sodium (natrium) hanya sekitar 1 mg.

Setiap 100 gr pisang dapat memasok 5 mg kalsium untuk tubuh, seperti diketahui kalsium begitu penting dalam pembentukan serta pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi. Bukan hanya itu kalsium juga berfungsi memperlancar pelepasan neurotransmiter dan kontraksi otot.

Adapun Karbohidrat pada pisang bisa menjadi sumber alternatif energi karena karena kandungannya yang begitu tinggi, sehingga bagi Anda yang menjalankan program diet sehat bisa menjadikan pisang sebagai pilihan pengganti sarapan atau makanan sehari-hari. Setiap 100 gr terkandung 22,84 gr karbohidrat, 12, 23 gr gula dan 2,6 gr serat. Tapi bagi penderita diabetes sebaiknya mempertimbangkan nilai gula yang terkandung pada pisang sebelum mengkomsumsinya.

Yang namanya buah selalu dikaitkan dengan vitamin C, 100 gr pisang mengandung sekitar 8.7 mg vitamin C, vitamin C tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan serta melindungi tubuh dari stres oksidatif maupun malnutrisi. Vitamin C selain membantu tubuh mengendalikan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh juga sebagai anti oksidan.

Vitamin B6 merupakan vitamin yang larut air, berperan penting untuk kelancaran fungsi sistem saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melawan infeksi. Dalam 225 gr pisang terkandung 0,8 mg vitamin B6 untuk tubuh.

Pisang juga mengandung berbagai jenis vitamin penting lainnya diantaranya vitamin  A, D dan vitamin K. Bukan hanya itu pisang juga mengandung folat, tiamin, riboflavin, niasin dan masih banyak lagi lainnya. Vitamin-vitamin ini selain membantu menjaga kebugaran tubuh juga membantu pembentukan darah.

Keunggulan lainnya dari pisang yaitu terdapat berbagai macam mineral diantaranya besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, dan fluorida. Mineral-mineral ini memiliki peranan dalam dan masing-masing fungsi serta meningkatkan sistim kekebalan tubuh manusia.
Adapun setiap 100 gr pisang mengandung kalori sekitar 90-93. Jadi pisang selain dapat dijadikan makanan dalam menjalankan program diet sehat juga sebaliknya bisa dimakan bagi yang ingin menaikkan berat badan. Bagi yang ingin menaikkan berat badan direkomendasikan setiap harinya makan 3-5 buah pisang bersama susu atau yogurt.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan atau yang sedang menjalankan program diet sehat, jangan makan pisang dalam jumlah yang banyak, jika Anda sudah merasa kenyang hentikan memakan pisang. Kadar air yang banyak terkandung pada pisang dapat membuat orang yang memakannya terhindar dari hidrasi tampa mengurangi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi kebanyakan orang memakan pisang untuk tujuan diet sehat dan mendapatkan vitamin yang terkandung di dalamnya. Kami juga menyarankan jika Anda ingin mendapatkan semua manfaat yang terkandung pada buah pisang maka makan yang masih segar bukan pisang yang telah diolah.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA APA YANG KAMI SAJIKAN DAPAT MEMBERI MANFAAT!!!