Waspadai Ancaman Virus H7N9 Dimusim Dingin

Virus H7N9
Virus H7N9
Waspadai Ancaman Virus H7N9 Dimusim Dingin -- Pada saat musim dingin seperti sekarang ini tentunya kondisi daya tahan tubuh menurun, ini menandakan berbagai jenis penyakit akan lebih mudah masuk jika tidak menjaga kondisi kesehatan super ketat. Dua kesehatan saat ini mulai panik dengan adanya ancaman serius virus H7N9. Bahkan tahun ini telah tercatat puluhan orang telah meninggal dunia yang disebabkan jenis virus ini.

Tentunya kejadian ini menimbulkan kekuatiran yang luar biasa sehingga Amerika dan Kanada mengeluarkan peringatan bagi warganya khususnya yang berada atau melakukan perjalanan ke Cina.

Sebelumnya flu burung sudah dikenal dengan H5N1, yang telah mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia. Hewan yang menjadi sumber infeksi baru ini, serta cara penularannya masih belum diketahui dengan pasti.

Selain itu, menurut WHO belum ada vaksin untuk pencegahannya. Namun tes awal menunjukkan bahwa virus tersebut akan beraksi terhadap obat-obatan antiviral yang sudah ada saat ini, seperti Tamiflu.

Adapun pencegahan awal yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus ini seperti tidak mendatangi atau melakukan perjalan untuk sementara ke negara-negara yang diduga terjadi penyebaran virus. Pemberlakuan skrining di bandar udara,  Selain itu, penerapan tindakan higienis sebagai langkah terbaik, misalnya dengan mencuci tangan secara rutin dan benar-benar bersih, menghindari hewan-hewan yang sakit dan memasak secara benar semua daging.

WHO juga mulai mengembangkan vaksin, yang secara spesifik harus dapat menangkal serangan virus strain tertentu, tetapi hal itu dikhawatirkan akan terlambat untuk mengatasi potensi ledakan serangan H7N9. Para ahli dan WHO merujuk kepada kemampuan virus-virus influenza untuk menyebar secara tak terduga. Mereka mengatakan bahwa strain ini dapat hilang dengan perlahan, tetapi juga dapat dengan mudah menjadi pandemi.

Memang lumrah bagi virus flu untuk bermutasi, tetapi hanya sekali dalam kurun waktu sekitar lima tahun mereka melintasi batas spesies, dan jarang sekali dengan efek parah bagi manusia. Namun virus yang satu ini sepertinya berbeda dengan virus lainnya karena telah menyebabkan banyak orang meninggal dunia.

Walaupun Dunia Kesehatan sejak munculnya jenis virus ini pada awal Februari ini, namun menurut informasi untuk sementara virus ini belum bisa menularkan antara satu manusia dengan yang lain. Berbeda dengan virus flu biasa yang bisa menular antar manusia, virus H7N9 tidak bisa. Namun ilmuwan mengkhawatirkan bahwa cepat atau lambat virus ini juga akan bermutasi dan bisa menular antar manusia.

Bagi Anda yang tinggal di dekat peternakan ada baiknya melakukan pencegahan sejak dini seperti memusnahkan unggas untuk sementara waktu. Virus ini tidak terasa menyebarnya dan efeknya akan langsung membuat buruk kondisi badan. Lebih baik rajin memeriksa suhu tubuh dan segera ke dokter bila merasakan gejala sakit yang tidak semestinya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA APA YANG KAMI SAJIKAN DAPAT MEMBERI MANFAAT!!!